Wednesday, December 5, 2012

Social Media at It's Best

*Knock-Knock*

Ahem!

Walaupun postingan sebelumnya seharusnya jadi postingan terakhir di 2012, tapi Leku tidak kuasa menahan kejadian yang seru ini :D Jadi mohon maaf kalo menyesatkan.

Inti ceritanya, Leku dan Pon mengalami kejadian tidak menyenangkan yang berhubungan dengan salah satu bank besar dan salah satu penerbangan ternama. Saking tidak menyenangkannya, sampai-sampai Leku memutuskan untuk memuat beritanya di Surat Pembaca Kompas:

NB: Untuk menjaga nama baik, nama bank dan penerbangan Leku sensor :P warna biru = bank, warna merah = penerbangan
Seperti yang bisa dilihat, surat ini masuk tanggal 4 Desember, dan sempat menjadi headline.  (*kyaaaaaaaaaaaaa xD*) Leku tak lupa memasukkan link mengenai surat pembaca ini lewat social media tenar, yang konon punya kuasa lebih besar daripada pelaporan ke Customer Service.
Pagi ini, 5 Desember, pihak bank menghubungi Pon, bertanya mengenai surat pembaca yang ada di atas, dan berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan yang ada.

Selang beberapa jam, Leku menerima email dari pihak penerbangan mengenai proses refund yang sedang berjalan.

Selang beberapa jam kemudian, Leku menerima kabar dari Pon bahwa REFUND SUDAH DILAKUKAN, dan surat pembaca Leku sudah hilang ditelan internet. :D

Kesimpulan dari kejadian ini adalah, disaat layanan Customer Service sudah begitu mengecewakan sampai-sampai kita ingin menyate mereka dari atap Monas, jangan lupa bahwa kita semua pengguna internet memiliki kuasa tidak terbatas. Social Media!! 

Jaman sekarang ini bahkan secuil lontaran kekecewaan lewat social media bisa digunakan untuk menuntut berbagai institusi, baik itu rumah sakit, bank, dan lain-lain. Even better, bahkan social media dapat mempercepat proses komplain kita 10x lipat!! We got the power, guys! :D Tenangkan pikiran, tarik napas dalam, dan mulailah mencurahkan kekesalan kita lewat social media. 

Kalau masih tidak berhasil? Yah, paling tidak pihak terkait tidak lagi mempunyai nama bersih seperti sebelumnya, dan setiap kali mereka menawarkan layanan, orang-orang tidak akan hanya percaya mentah-mentah apa kata orang marketing :)

Adios!

No comments:

Post a Comment